Disusun Oleh
Dr. Nancy Susianna
Mira Rosalina S.Pd, M.T.
Alfi Syukrina Amir, M.Pd.
Amiq Fikriyati, M.Pd.
Ditha Rismayani Priatna, M.Pd.
(STKIP SURYA)
A. Kompetensi Dasar
Memahami alat pendidikan sebagai salah satu faktor dalam pendidikan
B. Indikator
Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan alat pendidikan sebagai salah satu faktor dalam pendidikan diharapkan:
1. Dapat menjelaskan pengertian alat pendidikan melalui penjelasan dari dosen
2. Dapat menyebutkan jenis alat pendidikan dan contohnya
3. Dapat menuliskan karakteristik dari alat pendidikan
4. Dapat menjelaskan apa yang perlu diperhatikan dari penggunaan alat pendidikan
C. Materi Alat Pendidikan sebagai salah satu Faktor dalam pendidikan
8.1 Pengertian Alat-alat Pendidikan
Alat pendidikan berperan penting dalam proses belajar mengajar untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang sesuai dengan harapan.
Muharam A. (2009) menyatakan bahwa alat pendidikan adalah sesuatu yang digunakan untuk kegiatan pendidikan, baik berbentuk material maupun non material.
Indrakusumah (1973) menyatakan bahwa alat pendidikan berupa perbuatan-perbuatan atau tindakan-tindakan yang secara konkrit dan tegas dilaksanakan, guna menjaga agar proses pendidikan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil.
8.2 Jenis-Jenis Alat Pendidikan
Muharam A. (2009) membagi alat pendidikan ke dalam dua jenis:
1. Alat Pendidikan Non Material
Alat pendidikan non material berbentuk perbuatan atau tindakan yang digunakan pendidik demi kepentingan proses pendidikan. Artinya, seorang pendidik perlu memahami kondisi dan masalah yang dihadapi peserta didik di kelas.
a. Pembiasaan
Pembiasaan adalah salah satu alat pendidikan yang penting sekali, terutama bagi anak-anak yang masih kecil.
b. Suruhan
Suruhan bukan hanya apa yang keluar dari mulut seseorang yang harus dikerjakan oleh orang lain. Melainkan dalam hal ini termasuk pula peraturan-peraturan umum yang harus ditaati oleh anak-anak (kebersihan badan, kerapihan, ketelitian dan sebagainya).
c. Larangan
Disamping memberi perintah, sering pula kita harus melarang perbuatan anak-anak. Larangan itu biasanya kita keluarkan jika anak melakukan sesuatu yang tidak baik, yang merugikan, atau dapat membahayakan dirinya.
d. Menganjurkan
Menganjurkan mempunyai sifat tidak mengikat dan terasa memaksa pada terdidik. Menganjurkan tidak terlalu tepat untuk dijadikan alat pendidikan meskipun dalam situasi tertentu dapat juga digunakan.
e. Mengajak
Mengajak kedengarannya lebih simpatik, karena itu tidak bersifat memaksakan kehendak pendidik. Ajakan adalah suruhan halus, dengan jalan menunjukkan sisi baik sebelum melakukan kegiatan yang akan dilakukan.
f. Memberi Contoh
Ada dua macam pengertian memberi contoh yang pertama memberi contoh dalam arti sengaja berbuat untuk secara sadar ditiru oleh terdidik. Yang kedua berlaku sesuai dengan norma dan nilai yang akan kita tanamkan pada terdidik sehingga tanpa disenggaja menjadi contoh (teladan) bagi terdidik.
g. Memuji
Memuji berarti memberi dorongan untuk meningkatkan prestasi. Untuk mendidik kejujuran dan keadilan dalam menghargai prestasi, maka pendidik perlu memuji terdidik yang berprestasi baik karena ini hal yang wajar.
h. Menghukum
Tujuan menghukum adalah menyadarkan orang akan kesalahannya serta menanamkan keinginan memperbaiki diri.
2. Alat Pendidikan Material
Alat pendidikan material atau benda terdiri dari sarana dan prasarana.
Prasarana adalah semua alat bantu pelajaran yang sifatnya tidak langsung sedangkan sarana adalah alat bantu pelajaran yang langsung dapat dipakai pada waktu interaksi belajar mengajar sedang berlangsung.
Sarana pendidikan terdiri dari hardware dan software. Hardware berupa alat berat seperti mesin, kayu, dsb. Software berupa bahan pengajaran atau tugas seperti kertas kerja dan lembaran penilaian dalam sistem modul.
Prasarana sebagai alat pendidikan berkaitan dengan lingkungan fisik tempat belajar. Meskipun tidak berpengaruh langsung namun mempunyai pengaruh penting terhadap hasil pembelajaran. Lingkungan fisik yang menguntungkan dan memenuhi syarat minimal mendukung meningkatkan intensitas proses pembelajaran dan mempunyai pengaruh positif terhadap pencapaian tujuan pengajaran. Lingkungan fisik meliputi:
a. Ruangan kelas
Ruangan / kelas tempat belajar harus memungkinkan semua siswa bergerak leluasa, tidak berdesak-desakan dan saling mengganggu antara siswa yang satu dengan yang lainnya pada saat melakukan aktivitas belajar.
b. Pengaturan tempat duduk
Dalam mengatur tempat duduk yang penting adalah memungkinkan terjadinya tatap muka, dengan demikian guru dapat mengontrol tingkah laku siswa.
c. Ventilasi dan pengaturan cahaya
Suhu, ventilasi dan penerangan adalah aset penting untuk terciptanya suasana belajar yang nyaman.
8.3 Bagaimana memahami Karakteristik Alat Pendidikan?
Karakteristik alat pendidikan menjadi bagian yang perlu dipahami oleh pendidik dalam melaksanakan proses pendidikan. Karakteristik alat pendidikan dibagi ke dalam dua bagian, yaitu:
1. Karakteristik alat pendidikan non material
Muharam A. (2009) menyatakan bahwa ada beberapa karakteristik perbuatan atau tindakan sebagai alat pendidikan non material, yakni:
a. Perbuatan atau tindakan pendidik hendaknya dilakukan awal-awal dalam proses pendidikan dengan memikirkan terlebih dahulu tentang bagaimana cara melakukan sesuatu karena manusia mempunyai sifat konservatif yang cenderung untuk mempertahankan atau tidak merubah kebiasaan.
b. Perbuatan atau tindakan hendaknya membiasakan peserta didik akan hal-hal yang harus dikerjakan agar menjadi biasa untuk melakukan sesuatu secara otomatis, tanpa harus disuruh lagi orang lain, atau menunggu sampai orang lain merasa tidak senang padanya karena kebiasaan yang buruknya.
c. Perbuatan atau tindakan pendidik hendaknya dilakukan dengan hati-hati, baik dalam frekuensi maupun cara melakukannya.
d. Perbuatan atau tindakan hendaknya digunakan dengan diikuti oleh bimbingan apa yang sebaiknya harus dilakukan terdidik.
e. Perbuatan atau tindakan hendaknya dilakukan atau diawali dengan memberikan beberapa gambaran yang sesuai sebelum mengajak terdidik untuk melakukannya.
f. Perbuatan atau tindakan hendaknya pendidik tidak harus memaksakan diri sedemikian rupa sehingga pendidik tidak lagi hidup wajar sebagai pribadi atau sebagai diri sendiri.
g. Perbuatan atau tindakan hendaknya tidak berlebihan, misalnya dalam memuji karena akan berakibat kurang baik, terutama pada pendidik yang sudah lebih mampu menimbang dengan akalnya.
h. Perbuatan atau tindakan pendidik hendaknya bijaksana menanggapi kalau ada sesuatu kesalahan dari terdidik, sebab belum tentu suatu kesalahan itu dibuat dengan sengaja.
2. Karakteristik alat pendidikan material
Meskipun alat pendidikan kebendaan/material seperti: lahan, gedung, prabot dan perlengkapan lebih berkaitan dengan kegiatan pendidikan di sekolah, namun karena sifat pendidikan secara umum pun memanfaatkan pentingnya peran alat pendidikan berbentuk material, maka beberapa karakteristik berikut ini perlu dipahami dan dijadikan pertimbangan pendidik dalam menjalankan kegiatan pendidikan seperti:
a. Alat pendidikan hendaklah terbuat dari alat yang kuat dan tahan lama dengan memperhatikan keadaan setempat.
b. Pembuatan alat pendidikan mudah dan dapat dikerjakan secara masal.
c. Biaya alat pendidikan relatif murah.
d. Alat pendidikan hendaknya enak dan nyaman bila ditempati atau dipakai sehingga tidak mengganggu keamanan pemakainya.
e. Alat pendidikan relatif ringan untuk mudah dipindah-pindahkan.
8.4 Apa yang perlu diperhatikan dari Penggunaan Alat Pendidikan?
Muharam A. (2009:144-146) mengungkapkan bahwa penggunaaan alat pendidikan dipengaruhi oleh kecakapan pendidik yang harus menyesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai, dan sebagai seorang pendidik sebaiknya harus menghindari tindakan yang memaksa. Penggunaan alat pendidikan juga dipengaruhi oleh pribadi yang akan memakainya. Pemakai alat pendidikan juga harus dapat menyesuaikan diri dengan tujuan yang dikandung oleh alat itu. Penggunaan alat pendidikan mempunyai hubungan yang erat dengan sifat kepribadian pemakainya yang merupakan sifat khas dari alat pendidikan.
Di dalam memilih alat-alat pendidikan yang akan digunakan perlu diingat hal-hal berikut:
1) Tujuan apakah yang akan dicapai dengan alat itu
2) Siapakah yang akan menggunakan alat itu
3) Alat-alat manakah yang tersedia dan dapat digunakan
4) Terhadap siapakah alat itu digunakan
Selain itu perhatikan pula , apakah di dalam penggunaan alat pendidikan itu akan menimbulkan pengaruh dalam lapangan lain yang tidak menjadi tujuan utama dari penggunaan alat itu dan apakah alat yang digunakan itu sudah dapat untuk mencapai tujuan itu atau belum, atau mungkin masih perlu dibantu dengan yang lain.
Selain itu perlu pula diperhatikan bagaimana reaksi anak-anak terhadap penggunaan alat pendidikan itu jangan sampai reaksi anak didik hanya sekedar reaksi rangsangan belaka, tetapi dengan penggunaan alat itu diharapkan anak didik akan mengalami perubahan yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan atau perubahan yang tidak hanya bersifat mekanistis, tetapi benar-benar merupakan pencerminan dan pribadi anak didik.
Dalam masalah terhadap siapakah alat itu digunakan, perlu diingat bagaimanakah kondisi anak yang menerimanya, apakah anak didik itu berkelainan, dan bagaimanakah kelainannya, berapakah umur anak didik itu, bagaimana watak atau kebiasaannya dan situasi disaat itu, dan lain-lainnya.
Anak didik sebagai pihak yang dikenai perbuatan mendidik adalah pihak yang pertama-tama diperhatikan dalam menimbang-nimbang penggunaan alat-alat pendidikan. Adapun hal-hal yang perlu dipertimbangkan tentang anak didik adalah dari segi:
1) Jenis kelamin
2) Usia
3) Bakat
4) Perkembangan
5) Alam sekitar
Contohnya, penggunaan alat pendidikan non material dalam bentuk paksaan, tentunya tidaklah sama tingkatan paksaan tersebut terhadap anak perempuan dan laki-laki, terhadap kanak-kanak dan orang tua, terhadap anak-anak berbakat dan anak-anak malas, terhadap anak jenius dan anak idiot, terhadap anak yang hidup di daerah yang hidup di pegunungan dan anak yang hidup di pantai.
Dalam penggunaan alat pendidikan materialpun perlu diperhatikan adanya perbedaan jenis kelamin, usia, bakat dan perkembangan anak didik serta dimana anak didik itub hidup. Contohnya, pelajaran yang menggunakan komputer, bagi anak SD berbeda dengan anak SMP, bagi anak di desa berbeda dengan anak di kota, bagi anak yang kurang mampu status ekonomi orang tuanya berbeda dengan anak yang mampu atau berkecukupan orang tuanya.
D. Tugas
1. Apa yang dimaksud dengan alat pendidikan?
2. Apa yang dimaksud dengan alat pendidikan non material dan alat pendidikan material? Berikan contohnya!
3. Berikan contoh dari karakteristik alat pendidikan material!
4. Tuliskan apa yang perlu diperhatikan dari penggunaan alat pendidikan? Jelaskan!
E. Referensi:
Ilmu Kita Nih. 2010. Alat-alat Pendidikan, Karakteristik Alat Pendidikan, Jenis Alat Pendidikan, Penggunaan Alat Pendidikan. [ online; http://ilmukitanih.blogspot.com. diakses Sabtu, 13 Oktober 2012].
Wordpress. 2010. Jenis Alat Pendidikan. [ online; http://surick.wordpress.com. diakses Rabu, 24 Oktober 2012]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar