Disusun Oleh
Dr. Nancy Susianna
Mira Rosalina S.Pd, M.T.
Alfi Syukrina Amir, M.Pd.
Amiq Fikriyati, M.Pd.
Ditha Rismayani Priatna, M.Pd.
(STKIP SURYA)
A. Kompetensi Dasar
Memahami pendidikan sebagai suatu sistem
B. Indikator
Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan pendidikan sebagai suatu sistem diharapkan:
1. Dapat menuliskan pengertian pendidikan sebagai suatu sistem dengan menggunakan kata-kata sendiri melalui kegiatan diskusi
2. Dapat menuliskan komponen dari pendidikan sebagai suatu sistem melalui kegiatan diskusi
3. Dapat memberi contoh pendidikan sebagai suatu sistem melalui kegiatan diskusi
4. Dapat menuliskan komponen dari pendidikan melalui penjelasan dari dosen
C. Materi Pendidikan sebagai Suatu Sistem
5.1 Pengertian Sistem
1. Berasal bari bahasa Yunani,
Systema : sehimpunan bagan atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan suatu kesatuan.
2. Definisi tradisional,
Sistem adalah seperangkat komponen atau unsur-unsur yang saling berinteraksi untuk mencapai satu tujuan.
3. Menurut Zahara Idris (1987)
Sistem adalah kesatuan yang terdiri atas komponen-komponen atau elemen-elemen atau unsur-unsur sebagai sumber-sumber yang mempunyai hubungan fungsional yang teratur, tidak sekadar acak, yang saling membantu untuk mencapai suatu hasil (produk).
Sebagai contoh, tubuh manusia merupakan suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen, antara lain jaringan daging, otak, urat-urat darah, syaraf, dan tulang-tulang.
Gambar 1: Struktur anatomi tubuh manusia |
Setiap komponen-komponen tersebut mempunyai fungsi-fungsi sendiri (fungsi yang berbeda-beda) dan satu sama lain saling berkaitan sehingga merupakan suatu kesatuan yang hidup. Dengan kata lain, semua komponen itu berinteraksi sedemikian rupa sehingga mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
5.2 Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan pada hakikatnya adalah seperangkat sarana yang dipolakan untuk membudayakan nilai-nilai budaya masyarakat yang dapat mengalami perubahan-perubahan bentuk dan model sesuai dengan tuntutan kebutuhan hidup masyarakat dalam rangka mengejar cita-cita hidup yang sejahtera lahir maupun batin.
Pendidikan sebagai sistem menyangkut tiga unsur pokok :
1) Unsur masukan (input), contohnya peserta didik
2) Unsur proses (Process), contohnya pendidik, kurikulum, gedung sekolah, buku, metode mengajar, dan lain-lain
3) Hasil (output), hasil belajar, lulusan
5.3 Komponen Pendidikan
Menurut P.H. Combs (1982) ada dua belas komponen pendidikan, yaitu:
1) Tujuan dan Prioritas
Fungsinya mengarahkan kegiatan sistem.
Berisi tentang hal-hal yang hendak dicapai oleh sistem pendidikan dan urutan pelaksanaannya.
2) Peserta Didik
Tugas peserta didik adalah belajar.
Diharapkan peserta didik mengalami proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan pendidikan.
3) Manajemen atau Pengelolaan
Fungsinya mengkoordinasikan, mengarahkan, dan menilai sistem pendidikan.
Komponen ini bersumber pada sistem nilai dan cita-cita yang merupakan informasi tentang pola kepemimpinan dalam pengelolaan sistem pendidikan.
4) Struktur dan Jadwal Waktu
Gunanya mengatur pembagian waktu dan kegiatan.
5) Isi dan Bahan Pengajaran
Fungsinya untuk menggambarkan luas dan dalamnya bahan pelajaran yang harus dikuasai peserta didik.
6) Guru dan Pelaksana
Fungsinya menyediakan bahan pelajaran dan menyelenggarakan proses belajar untuk peserta didik.
7) Alat Bantu Belajar
Fungsinya untuk memungkinkan terjadinya proses pendidikan yang lebih menarik dan lebih bervariasi.
8) Fasilitas
Fungsinya untuk tempat terselenggaranya proses pendidikan.
Fungsinya untuk tempat terselenggaranya proses pendidikan.
9) Teknologi
Teknologi ialah semua teknik yang digunakan sehingga sistem pendidikan berjalan dengan efisien dan efektif. Fungsinya memperlancar dan meningkatkan hasil guna proses pendidikan.
Teknologi ialah semua teknik yang digunakan sehingga sistem pendidikan berjalan dengan efisien dan efektif. Fungsinya memperlancar dan meningkatkan hasil guna proses pendidikan.
10) Pengawasan Mutu
Fungsinya membina peraturan-peraturan dan standar pendidikan.
11) Penelitian
Fungsinya untuk memperbaiki dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan sistem pendidikan.
Fungsinya untuk memperbaiki dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan sistem pendidikan.
12) Biaya
Fungsinya melancarkan proses pendidikan dan menjadi petunjuk tentang tingkat efesiensi sistem pendidikan.
Fungsinya melancarkan proses pendidikan dan menjadi petunjuk tentang tingkat efesiensi sistem pendidikan.
D. Tugas
1. Dengan menggunakan kata-kata sendiri tuliskan pengertian pendidikan sebagai suatu sistem !
2. Jelaskan komponen dari pendidikan sebagai suatu sistem !
3. Berilah suatu contoh tentang pendidikan sebagai suatu sistem !
4. Sebutkan komponen-komponen pendidikan !
E. Referensi
Arifin, M. 2003. Ilmu Perbandingan Pendidikan. Jakarta: Golden Terayon Press.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Idris, Zahara dan Lisma Jamal. 1992. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana.
Ihsan, Fuad. 2008. Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar