Disusun Oleh
Dr. Nancy Susianna
Mira Rosalina S.Pd, M.T.
Alfi Syukrina Amir, M.Pd.
Amiq Fikriyati, M.Pd.
Ditha Rismayani Priatna, M.Pd.
(STKIP SURYA)
A. Kompetensi Dasar
Memahami tujuan sebagai salah satu faktor dalam Pendidikan
B. Indikator
Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan konsep dasar ilmu pendidikan diharapkan:
1. Dapat menjelaskan empat macam tujuan pendidikan melalui kegiatan diskusi
2. Dapat menuliskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional sebagai salah satu faktor pendidikan dengan menggunakan kalimat sendiri melalui kegiatan diskusi
3. Dapat menjelaskan pengertian indikator melalui penjelasan dari dosen
4. Dapat menuliskan beberapa indikator dari SK dan KD yang telah ditentukan melalui kegiatan diskusi
C. Materi Tujuan sebagai Salah Satu Faktor dalam Pendidikan
Pendidikan merupakan kegiatan yang universal dalam kegiatan masyarakat. Meskipun pendidikan merupakan suatu gejala yang umum dalam setiap kehidupan masyarakat, namun perbedaan filsafat dan pandangan hidup yang dianut oleh masing-masing bangsa atau masyarakat menyebabkan adanya perbedaan penyelenggaraan sistem Pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan tidak terlepas dari tujuan pendidikan yang hendak dicapainya. Rumusan tujuan pendidikan selalu mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan kehidupan masyarakat dan negara Indonesia.
Tujuan pendidikan memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan. Oleh karena itu tujuan pendidikan mempunyai dua fungsi yaitu pertama memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan kedua sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan. Tujuan pendidikan menduduki posisi penting di antara komponen-komponen pendidikan lainnya. Tujuan pendidikan bersifat normatif, yaitu mengandung unsur-unsur norma bersifat memaksa, tetapi tidak bertentangan dengan hakikat perkembangan peserta didik serta dapat diterima oleh masyarakat sebagai nilai hidup yang baik. Sehubungan dengan fungsi tujuan yang demikian penting itu, maka menjadi keharusan bagi pendidik untuk memahaminya. Kekurangpahaman pendidik terhadap tujuan pendidikan dapat mengakibatkan kesalahan di dalam melaksanakan pendidikan.
Tujuan pendidikan berdasarkan hirarkinya adalah sebagai berikut:
1) Tujuan umum ialah tujuan pendidikan nasional
2) Tujuan institusional, ialah tujuan pendidikan yang akan dicapai menurut jenis dan tingkatan sekolah atau lembaga pendidikan masing-masing, biasanya tercantum dalam kurikulum sekolah atau lembaga pendidikan yang harus dicapai setelah selesai belajar.
3) Tujuan kurikuler, adalah tujuan kurikulum sekolah yang telah diperinci menurut bidang studi atau mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran.
4) Tujuan intruksional, adalah tujuan pokok bahasan atau tujuan sub pokok bahasan yang diajarkan oleh guru.
6.1. Tujuan Umum: Tujuan Pendidikan Nasional
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional menurut Undang-Undang RI no. 20 tahun 2003, pada pasal 3 adalah Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
6.2. Tujuan Institusional: Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah
Tujuan pendidikan sekolah menengah mengacu kepada tujuan umum Pendidikan. Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tujuan pendidikan sekolah menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
6.3. Tujuan kurikuler: Tujuan Bidang Studi misalnya Matematika, Fisika, TIK, dan Kimia
1). Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
a) Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan,
b) konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika,
c) Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
d) Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah,
e) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
2) Fisika
Mata pelajaran Fisika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
a) Membentuk sikap positif terhadap fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
b) Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
c) Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrume percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
d) Mengembangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif
e) Menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3). TIK
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
a) Memahami teknologi informasi dan komunikasi
b) Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
c) Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaa teknologi informasi dan komunikasi
d) Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
4). Kimia
Mata pelajaran kimia di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
a) Membentuk sikap positif terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
b) Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain
c) Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana peserta didik melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan dan penafsiran data, serta menyampaikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
d) Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
e) Memahami konsep,prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
(Standar Isi BSNP)
6.4. Tujuan Intruksional: Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator
Tujuan pokok bahasan atau tujuan sub pokok bahasan yang diajarkan oleh guru pada setiap tingkat dan/atau semester berpedoman pada kompetensi dasar dan standar kompetensi yang telah ada dalam kurikulum.Standar Kompetensi (SK), merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui, dan mahir dilakukan oleh peserta didik pada setiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan. Bisa juga dikatakan SK adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran tertentu pada jenjang pendidikan tertentu pula. Pada setiap mata pelajaran SK sudah ditentukan oleh para pengembang kurikulum, yang dapat kita lihat dari standar isi. Jika sekolah memandang perlu mengembangkan mata pelajaran tertentu, misalnya mengembangkan kurikulum muatan lokal, maka perlu dirumuskan SK-nya sesuai dengan nama mata pelajaran dalam muatan lokal tersebut.
Sementara itu Kompetensi Dasar (KD), merupakan penjabaran Standar Kompetensi. Kompetensi Dasar dapat berupa pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Guru perlu memahami kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Indikator merupakan penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjukkan perbuatan dan respon yang dilakukan oleh peserta didik. Indikator dikembangkan oleh guru dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dan potensi daerah. Indikator dirumuskan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan alat penilaian.
Contoh Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator Fisika
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
|
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
|
· Mengukur besaran massa dengan menggunakan neraca secara teliti dan tepat.
|
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
|
· Menuliskan perbedaan gaya gesek statis dengan gaya gesek kinetis melalui kegiatan percobaan.
|
Contoh Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator TIK
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1. Melakukan operasi dasar komputer
|
1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
|
· Menjelaskan sejarah perkembangan komputer
· Memperagakan cara melakukan Cold Boot dan Warm Boot
|
3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
|
3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perang lunak
|
· Menjelaskan tentang aturan hak cipta
· Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi
|
D. Tugas
1. Jelaskan empat macam tujuan pendidikan menurut hirearkinya?
2. Jelaskan fungsi dan tujuan Pendidikan nasional?
3. Jelaskan tentang indkator dalam pembelajaran?
E. Referensi
Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan. BSNP. 2006
Standar Isi. Standar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA. BNSP. 2006
Silabus Fisika SMA
Silabus TIK SMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar