Kamis, 07 Januari 2016

Abstrak SkripsiKu

ABSTRAK

Penelitian tentang ”Analisis Penguasaan Aspek Konten Sains Siswa SMP kelas VII pada Materi Pokok Klasifikasi Zat  melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Sains dan Teknologi” bertujuan untuk memperoleh bentuk penerapan pembelajaran literasi sains dan teknologi sekaligus mengetahui gambaran mengenai kemampuan literasi sains siswa setelah diterapkannya pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one group pre- test and post test design. Subyek penelitian sebanyak 21 siswa kelas VII pada salah satu SMP di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan instrumen tes tertulis dan pedoman wawancara. Tahapan pembelajaran yang dikembangkan adalah tahap kontak, kuriositi, elaborasi, pengambilan keputusan, nexus, dan penilaian. Secara keseluruhan  penguasaan aspek konten sains siswa mengalami perkembangan pada hampir separuh siswa (N-gain 26%). Uji signifikansi nilai pretes dan postes dengan Paired sample T Tes menunjukkan terjadi perkembangan secara signifikan. Perkembangan penguasaan setiap jenjang kognitif secara keseluruhan tergolong kriteria  sedang pada jenjang mengingat dan jenjang memahami, sedangkan jenjang mengaplikasikan tergolong kriteria rendah. Peningkatan tertinggi penguasaan jenjang kognitif mengingat dicapai oleh  kelompok tinggi, jenjang kognitif memahami dicapai oleh kelompok rendah,  jenjang kognitif mengaplikasikan dicapai oleh kelompok tinggi. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan  penerapan pembelajaran STL dapat mengembangkan penguasaan aspek konten sains siswa baik pada kelompok tinggi, sedang, maupun rendah.

Kata kunci: Pembelajaran, Literasi Sains dan Teknologi, Aspek Konten Sains, dan Klasifikasi Zat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar