ABSTRAK
Penelitian
tentang ”Analisis Penguasaan Aspek Konten Sains Siswa SMP kelas VII pada Materi
Pokok Klasifikasi Zat melalui
Pembelajaran Berbasis Literasi Sains dan Teknologi” bertujuan untuk memperoleh
bentuk penerapan pembelajaran literasi sains dan teknologi sekaligus mengetahui
gambaran mengenai kemampuan literasi sains siswa setelah diterapkannya
pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one
group pre- test and post test design. Subyek penelitian sebanyak 21 siswa
kelas VII pada salah satu SMP di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan
instrumen tes tertulis dan pedoman wawancara. Tahapan pembelajaran yang
dikembangkan adalah tahap kontak, kuriositi, elaborasi, pengambilan keputusan,
nexus, dan penilaian. Secara
keseluruhan penguasaan aspek konten sains
siswa mengalami perkembangan pada hampir separuh siswa (N-gain 26%). Uji
signifikansi nilai pretes dan postes dengan Paired sample T Tes
menunjukkan terjadi perkembangan secara signifikan. Perkembangan penguasaan
setiap jenjang kognitif secara keseluruhan tergolong kriteria sedang pada jenjang mengingat dan jenjang
memahami, sedangkan jenjang mengaplikasikan tergolong kriteria rendah. Peningkatan
tertinggi penguasaan jenjang kognitif mengingat dicapai oleh kelompok tinggi, jenjang kognitif memahami dicapai
oleh kelompok rendah, jenjang kognitif
mengaplikasikan dicapai oleh kelompok tinggi. Dari hasil pengolahan data dapat
disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan
pembelajaran STL dapat mengembangkan penguasaan aspek konten sains siswa baik pada
kelompok tinggi, sedang, maupun rendah.
Kata kunci: Pembelajaran, Literasi Sains
dan Teknologi, Aspek Konten Sains, dan Klasifikasi Zat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar