Kamis, 13 Oktober 2011

Tatacara Penggunaan dan Penulisan Referensi Berdasarkan Harvard Style

Penulisan referensi merupakan salah satu poin penting dalam pembuatan sebuah karya tulis ilmiah, nah disini terkadang kita masih kebingungan mengenai bentuk penulisan yang sebenarnya, soalnya pas kita lihat dari berbagai contoh-contoh penulisan, bentuknya bermacam-macam.
Kita harus hati-hati saat menuliskan referensi dengan mencomot dari sana dan sini karena style penulisan referensi bisa saja berbeda, seperti urutan nama: last name dan singkatan first name.Ternyata eh ternyata, pada penulisan berdasarkan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) penulisan nama berdasarkan pada kemunculan di paper, sedangkan Harvard style penuliskan nama berdasarkan urutan abjad.

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang penulisan referensi berdasarkan Harvard style:

Struktur kutipan dalam sistem penulisan referensi Harvard adalah nama penulis, tahun penerbitan, dan rentang nomor halaman, dalam kurung, seperti diilustrasikan dalam contoh Smith di bawah ini

Smith, John. (2005). Playing nicely together. St. Petersburg, FL (USA): Wikimedia Foundation.

• Nomor halaman dihilangkan bila seluruh tulisan dikutip. Nama penulis dihilangkan bila sudah ada dalam teks. Sehingga akan ditulis: "Jones (2001) merevolusi bidang bedah trauma."
• Dua atau tiga penulis dikutip dengan menggunakan kata "dan" atau tanda "&": (Deane, Smith, dan Jones, 1991) atau (Deane, Smith & Jones, 1991). Enam atau lebih penulis dikutip menggunakan et al. (Deane et al. 1992).
• Tahun yang tidak diketahui dikutip sebagai no date (Deane n.d.). Rujukan pada cetak ulang dikutip dengan tahun publikasi asli di dalam kurung siku(Marx [1867] 1967, p. 90).
• Bila seorang penulis menerbitkan dua buku di tahun 2005, tahun dari buku pertama (dalam urutan abjad dari rujukan) dikutip sebagai 2005a, dan yang kedua sebagai 2005b.
• Judul referensi dituliskan secara italic. Jika daftar pustaka ditulis tangan maka judul digarisbawahi.
• Bila mengutip sumber dari internet, juga perlu menyediakan nama dan tempat dari sponsor sumber, tanggal mengakses, keseluruhan URL atau hanya rincian situs utama, sebagai tambahan informasi tentang penulis/editor, tahun terbit, dan judul dokumen. Sumber kutipan juga lebih disukai bila ditandai dengan kurung siku sebagai [internet] atau [online] untuk menekankan bahwa ini adalah versi tidak tercetak.
• Urutan penulisan referensi adalah berdasarkan nama belakang pengarang. Jika suatu referensi tidak memiliki nama pengarang maka judul referensi digunakan untuk mengurutkan referensi tersebut di antara referensi lain yang tetap diurutkan berdasarkan nama belakang pengarang.

Berdasarkan jenis referensi, berikut ini adalah panduan dan contoh penulisan :
1. Buku

Format penulisan :
Nama Belakang Pengarang, Inisial. (tahun penerbitan). Judul buku (Edisi jika edisinya lebih dari satu). Tempat diterbitkan: Penerbit.

Contoh :

Shearman, D & Sauer-Thompson, G 1997, Green or gone, Wakefield Press, Kent Town.
Arief BAS, Bayu BAS, 1992. Pedoman penyusunan karya tulis ilmiah. 1st edition, Surabaya: University Press, 200-203
Vorherr H, 1980. Treatment of primary and recurrant breast cancer. In breast cancer: Epidemology, Endocrinology,Biochemistry, and Pathology. Baltimore: Urban and Schwrzenberg, 374-408.

Contoh Buku Elektronik
– Pengutipan dari sumber teks mencakup tanggal pengaksesan dari situs internet dan URL ditulis pada kurung siku

Baverly, C. 1993. The ethics of technology in education. 30 Aug 2000
Barro, RJ 1997, Macroeconomics, 5th edn, viewed17 February 2006,

2. Artikel jurnal (hardcopy)

Format Penulisan : Nama Belakang Pengarang, Inisial. (tahun penerbitan). Judul artikel. Judul Jurnal, Nomor volume – jika ada (Nomor issue), nomor halaman awal dan akhir dari artikel.

Contoh:
Peterson, J & Schmidt, A 1999, ‘Widening the horizons for secondary schools’, Journal of
Secondary Education, vol. 3, no. 8, pp. 89–106.

Contoh Artikel jurnal online :
Mulgan, R 2000, ‘Perspectives on “the public interest”’, Canberra Bulletin of Public
Administration, no. 95, March, pp. 5–12, (onlineProQuest).

3. Paper (seminar atau workshop)

Format penulisan :
Nama Belakang Pengarang, Inisial. (tahun penerbitan). Judul artikel. In Inisial Editor Nama Belakang Editor (Ed.), Judul proceedings (pp. halaman awal–halaman akhir). Tempat penerbitan: Penerbit.

Contoh :
Suyatno, Ferry. (2010). Aplikasi Radiasi dan Radioisotop dalam Bidang Kedokteran. Seminar Nasional VI SDM Teknologi Nuklir (pp1-8).Yogyakarta :STTN-BATAN & Fak. Saintek UIN SUKA.

4. Koran (hardcopy)
Condren, P 1999, ‘Swiss prepare charges’, Weekend Australian, 30–31 July, p. 1.
http://www.intec.edu.do/pdf/HARVARD/harvardguide%5B2%5D.pdf.

5. Koran (online)
Davies, P 1996, ‘Key mistake wreaks havoc’, Australian, 18 June, p. 1, viewed 12 August 1997,http://www.australian.aust.com/hied/columns/dav18jn.htm.


Sumber :
http://www.intec.edu.do/pdf/HARVARD/harvardguide%5B2%5D.pdf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar